Bupati Barru, H.A. Muhammad Rum menerima penghargaan MIPI Award 2010 dari Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI). Bupati dua periode itu menerima penghargaan untuk kategori praktisi pemerintahan. Perhargaan untuk kategori yang sama juga diberikan kepada Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fausy, Bupati Lamongan (Jatim), H. Masfuk, serta Walikota Bau-Bau (Sultra), MZ Amirul Tamim.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barru, Drs. H. Baharuddin J yang menyertai Bupati Barru   mengatakan, MIPI Award diterima Bupati karena dinilai memiliki kriteria antara lain mampu menjalankan kepemimpinan di pemerintahan dengan konsep yang visioner. Selain itu, inovatif, transparan, akuntabel, punya integritas, anti korupsi, dan menunjukkan kinerja yang menonjol dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan. Perhargaan tersebut kata Kepala Dinas Kominfo, diterima oleh Bupati Barru, Kamis (3/6) di Hotel Borobudur Jakarta.

Pemberian MIPI Award diserahkan langsung oleh Ketua MIPI Indonesia, Fauwzi Bowo yang juga Gubernur DKI Jakarta, penghargaan merupakan bentuk apresiasi kepada tokoh-tokoh yang dianggap berjasa pada  perkembangan ilmu pemerintahan. Untuk tahun 2010, ada tiga kategori penilaian MIPI, Masing-masing bidang praktisi pemerintahan, bidang ilmu pemerintahan dan pemerhati pemerintahan. Selain kepada praktisi pemerintahan, MIPI Award juga diberikan kepada pemerhati pemerintahan serta ilmuwan pemerintahan.